Rabu

CERPEN MENARIK


SI PENGGEMBALA KERBAU
YANG BAIK HATI

            Pada suatu hari ada seorang anak penggembala kerbau yang bernnama Dul.  Dia tinggal di desa Sukup  dia senang membantu orangtuanya dan teman-temannya yang membutuhkan bantuannya. Karena Dul yang baik hati, di desanya ia dijuluki “Si penggembala kerbau yang baik hati”, dia juga pintar dan sering mendapat peringkat satu di kelasnya.
            Pada suatu hari dia membantu ayahnya membersihkan kandang kerbau, kemudian dul disuruh ayahnya untuk menggembala kerbau. Kemudian sambil menunggu, Dul menghampiri temannya yang sedang asik main laying-layang dan Dul ikut bermain. beberapa saat ikut bermain Dul ingin memandikan kerbaunya di sungai dengan temannya. Suatu di perjalanan Dul dan Unyil melihat ular yang kesakitan karena ekornya terjepit batu yang cukup besar.
Kemudian  Dul menolongnya mengangkat batu itu sehingga ular itu bebas kemana-mana. Tiba-tiba ketika hampir di sungai Dul mendengar suara minta tolong.
Dul      : Eh nyil kami dengar suara minta tolong endak!
Nyil     : oh ya kira-kira berasal dari mana suara minta tolong itu
Dul      : aku kira dari hulu sungai itu ayo kita tolong.
Kemudian Dul dan Unyil menolong anak itu yang tenggelam karena arus sungainya cukup deras sesudah menolong anak itu pingsan.  Beberapa saat kemudian anak itu berterima kasih karena sudah menolongnya. sesudah itu Dul dan Unyil memandikan kerbau di sungai, sesudah memandikan kerbau di sungai Dul dan Unyil pulang pergi mandi.
            Pada keesokan harinya Dul pergi bermain dengan teman-temannya di belakang sekolah sambil menggembala kerbau, tak berapa lama ayah si Dul menghampiri dan menyuruh mengikutinya ke kebun. Disana Dul dan teman-temannya disuruh minta air kelapa. Tak berapa lama Dul Ingat pada kerbaunya yang masih dibelakang sekolah. Kemudian Dul dan teman-temannya pamit untuk mengembalikan kerbau pulang.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

sangat menarik, terima kasih

Posting Komentar